Seperti yang kita ketahui,Seri Harvest Moon adalah game farming simulation/Role Playing Game yang di kembangkan oleh Victor Interactive Software(Sekarang Marvelous Inc.)dan di rilis pada tahun 1996.Di jepang sendiri judul dari game ini adalah 牧場物語(Bokujou Monogatari,Farm Story)dan di publikasikan keluar jepang oleh Natsume inc.



Sayangnya terhitung mulai dari tahun 2014,Natsume tidak lagi meneruskan kerjasama dengan Marvelous selaku pengembang Bokumono di jepang.sebagai gantinya Marvelous menerbitkan Bokumono di luar jepang dengan judul Story Of Seasons(SOS) dan menggandeng Xseed Games sebagai Publisher.

Seri Bokumono terakhir yang menggunakan title Harvest Moon untuk kawasan di luar jepang adalah Harvest Moon 3D A New Beginning.Namun,seri Harvest Moon tidak berhenti begitu saja.Pasalnya Natsume selaku pemegang judul Harvest Moon tetap melanjutkan proyek ambisiusnya itu dengan merilis Harvest Moon The Lost Valley untuk 3ds dan memperluas pasar ke dalam segmen Smartphone.



Harvest Moon: Seeds Of Memories adalah seri Harvest Moon diluar judul Bokumono pertama yang dirilis untuk Smartphone,Handheld dan Pc.Pada awal pengembangannya banyak harvester(pemain harvest moon-Red)yang menunggu dengan sangat antutias.ini menjadi kabar baik bagi mereka setelah pihak Natsume memutuskan untuk mengakhiri kerjasama dengan Marvelous.



Setelah beberapa waktu berlalu Natsume pun akhirnya menunjukan penampakan pertama dari game tersebut.terlihat game ini memiliki tampilan yang akan membuat para Harvester bernostalgia.

Pada waktu perilisannya pun para Harvester berbondong-bondong untuk membeli game tersebut.baik di Apple App store maupun di Google Playstore.Namun,apa yang terjadi?pada awalnya memang mereka sangat menikmati alur dari game ini.tapi setelah beberapa lama munculah keluhan keluhan lain.seperti harga game yang terlalu mahal,Kualitas grafik sangat buruk dan sederet keluhan lainnya.



Dibalik banyaknya keluhan tersebut ternyata Natsume merasa sukses dengan Seed Of Memories lantas mereka pun melanjutkan seri harvest moon dengan title "Harvest Moon: Light Of Hope" yang rencananya akan di rilis di Nintendo Switch,Ps4 dan PC.
Namun,lagi-lagi harvester dibuat kecewa oleh Natsume.pasalnya game yang diperuntukkan untuk Handheld,konsol dan pc ini memiliki grafis yang sangat kaku bahkan untuk ukuran Nintendo switch.bahkan banyak yang mengatakan bahwa game ini terlihat seperti game smartphone.
Dan dikolom komentar post di gematsu(Klik judul untuk melihat)banyak yang membanding-bandingkannya dengan seri Harvest Moon lama termaksud Harvest Moon A Wonderful Life SE untuk Ps2 yang terlihat jauh lebih baik.



Lantas apa alasan Natsume?ya,lagi-lagi mereka ingin membawa Harvester untuk bernostalgia.dengan alasan nostalgia itu sepertinya Natsume benar-benar "terjebak nostalgia" seperti lagu Raisa(LOL).

Akhir kata,tidak ada salahnya memang membuat game dengan tampilan Retro bahkan 2D sekalipun.yang jadi masalah adalah inovasi yang harus diterapkan dalam pengembangan sebuah game tersebut.Natsume sudah benar memperluas pasar dan memilih Smartphone karena tidak semua orang mempunyai Handheld,konsol dan Pc kan?Namun Natsume sendiri cukup "ceroboh" hal ini terlihat sejak mereka merilis Harvest Moon nya sendiri.Harvest Moon Lost valley sendiri nyatanya menbuat berbagai kritikan pedas dan hanya mendapat nilai 46 di situs Metacritic.

Xseed sendiri sekarang sedang sibuk merilis ulang Harvest Moon: The Tale Of Two Towns dengan judul
Story Of Seasons: The Tale Of Two Towns+
yang akan di rilis untuk Nintendo 3DS pada Winter tahun ini.well,mari kita lihat saja bagaimana persaingan kedua pionir bokumono ini kedepannya.
So,Natsume or Marvelous?

-Yuu