Ini bukanlah cerpen,bukan cerbung ataupun yang lainnya.ini sebaiknya kita jadikan renungan untuk saling menghargai satu sama lain,Jangan ada lagi SARA yang dijadikan sebagai "Joke Material".Walau secara jelas didalam undang-undang negara manapun,yang namanya SARA itu dilarang jadi ayo kita HARGAI minoritas dan jalankan TOLERANSI dengan semestinya.

MENYESAL itulah kata-kata yang sampai saat ini masih ada dikepala saya,masih teringat kejadian "Tidak sengaja" itu dan tidak bisa hilang.Bagaimanapun memang ketika joke yang bermaterial SARA memang tidak boleh,tapi ini terjadi karena keteledoran saya!!!.


Sebut saja "M" yang sudah saya tahu sedari saya SMP dan kita berkenalan di SMK karena ia ikut eskull yang sama.Sebagai seorang Minoritas memang saya sering melontarkan Candaan dan ejekan.Ingat,JUST FOR FUN.

Hari-hari kita jalani dengan biasanya seperti dengan teman yang lain,Tidak ada yang berkurang dan tidak ada yang lebih.Kita tetap berteman hingga saya lulus.

Hingga kejadian FATAL itu terjadi kemarin lusa.
Saya dengan tidak sengaja melontarkan kata-kata "Jepang=Cina,Korea="Mongolia/Cina" di WHATSAPP dan salah satu Kouhai(Adik kelas/junior -Red) Melontarkan kata "Cina itu si M" dll.


Saat itu memang inti pembahasan memang sedang mengarah ke Anime karena ada seseorang yang membahas topik tersebut.namun ketika saya membuka grup Whatsapp lagi alangkah kagetnya saya melihat dia melontarkan kekesalannya.


"Saya sudah lelah di bilang seperti ini,mulai sekarang saya tidak akan perduli lagi dengan kalian.entah kalian mau membicarakan saya seperti apa saya tidak perduli dan saya akan keluar eskull mulai detik ini juga." seperti itulah Kira-kira Kalimat yang dilontarkan oleh dia.

Karena merasa bersalah sayapun lantas mengirimkan Private Chat dan langsung meminta maaf agar ia bisa kembali lagi seperti dulu.namun, Nasi sudah menjadi bubur.dia pun tetap konsisten dengan keputusannya.

Beberapa orangpun mencoba meminta maaf namun semua itu sudah terlambat,kami harus kehilangan satu teman yang sangat berharga.PENYESALAN dan itu akan selalu teringat dalam otak ini.

Jadikanlah pelajaran,Dewasa ini isu SARA memang laku untuk menyerang orang lain dan menjadikan SARA sebagai joke material pun adalah sesuatu yang tidak lucu menurut saya.



Jika kamu "M" membaca tulisan ini,anggap saja ini sebagai Surat Terbuka dan surat permintaan maaf dari saya.dari dalam lubuk hati saya,sungguh menyesal dan ini akan menjadi hal yang terakhir kalinya yang saya lakukan.saya berjanji dalam hati ini,bahwa Minoritas bukanlah untuk ditindas tapi untuk dilindungi.

Karena ini juga menyangkut masalah hati,saya tidak akan memaksakan untuk kamu memaafkan kesalahan saya.Karena ini adalah hal Fatal yang saya lakukan.


Akhir kata dari saya hargailah temanmu walau berbeda,jangan sampai kau membuat mereka kecewa atau sebaliknya.lindungilah apa yang harus kalian lindungi dan lepaslah apa yang harus kalian lepas.


Jangan jadikan perbedaan itu sebagai sebuah kekurangan,tapi jadikan sebagai Pelengkap Anonim



Karena kita bukan Tuhan ataupun malaikat,
Tak mungkin ada manusia yang hanya memiliki sifat baik
Aku akan tetap hidup
Meski segalanya tak berjalan dengan baik
Jika dunia yang kejam ini menjadikan kita lelucon,
Aku dan kamu akan tetap berteman 手紙返信




心の中から本当にごめんなさい

-YuuAFB