Konnichiwa!!! Balik lagi sama Blogger Ganteng Idaman favorit kalian, AzureBlog udah lama vakum nih. Lumayan lama lah, karena ane sibuk dan baru kembali dari dunia 8bit. Wtf!!!


Oke ngomongin 8bit gw disini bakal ngebahas sesuatu yang pastinya bukan game jadul, bukan juga konsolnya. Melainkan Tutorial Hacking Nes ROM!!!

Hah? Tutorial hacking Nes ROM? Apaan bro?


Tutorial kali ini bakal ngebahas tentang gimana caranya mengganti Palette/Warna pada game Nintendo Entertaiment System alias NES.


Seperti yang kita ketahui, game Nes itu terdiri dari kode-kode yang ditulis menggunakan bahasa program seperti Assembly, C dll. Nah, sangat mungkin untuk mengotak-atik Game Nes. Tapi, dengan catatan kita harus paham bahasa program.

Tapi, disini ane bakal nunjukin secara Step-By Step ke kalian dan dengan cara yang mudah dipahami dengan menggunakan EMULATOR yang bernama FCEUX. Penasaran? Check it out gan!!



Alat:

-Komputer (terserah mau punya sendiri kek, punya sekolah kek atau di warnet kek. Yang penting komputer.)


Bahan:

1. FCEUX Download disini (Official Web)
Atau disini (Emuparadise,Old version)

2. NES ROM, sebagai contoh ane pake Super Mario Bross.

3. NES PALETTE TABLE



4. Secangkir kopi, susu dan Camilan kecil buat ngemil. (Sunnah kok).


TUTORIAL:




1. Buka Fceux, dan pilih ROM
seperti biasa( Open/Ctrl+O).



2. Pilih Debug, lalu pilih PPU Viewer.



3. Akan muncul Dialog Box baru, disinilah kita dapat melihat data mulai dari sprites hingga address dari sprites itu. Sekarang coba lihat ke bagian bawah, akan ada banyak warna berjejeran. Itulah yang dinamakan Palette Atau Warna dalam Game NES. Sekarang catat address yang saya beri garis merah (16 27 18).



4. Kemudian close PPU viewer dan arahkan kunsor ke menu debug lagi lalu pilih hex editor.



5. Sekarang lihat Tabel Palette nes ini, sebagai contoh kita akan mengganti warna Cokelat (18) dan Warna kulit (27) dengan 38 (Biru) dan 02 (Krem).




6. Di dalam hex editor, pilih view lalu pilih ROM file.




7. Lalu ke pilih edit dan Find, masukan value yang akan dicari, sebagai contoh kita masukan value 16 27 18.





8. Jika hasilnya telah keluar, kita tinggal mengganti value yang ingin kita ubah. Karena saya ingin mengganti 27 menjadi 38 dan 18 menjadi 02, maka klik angka 2(pada value 27) lalu isikan 3 dan 8. Begitu juga sebaliknya.





9. Jika sudah diganti, value akan berubah warna menjadi MERAH, lalu pilih File dan Save Rom.


Setelah selesai, close hex editor lalu pilih Nes dan reset.

Tara, Palette sudah berhasil dirubah!!!!.

Sebelum:


Sesudah:



Penjelasan



Other palette hack (Nakayoshi n me)






Alasan Menggunakan Fceux

Mengapa saya menggunakan Fceux?
1. Banyak Fitur
Ya sebagai emulator NES, saya rasa FCEUX lebih unggul dari emulator lainnya. Selain terdapat PPU viewer dan Hex editor tentunya ada juga fitur seperti Trace logger, Code/Data Logger, Game Genie Encorder/Decorder, Debug hingga Cheat. Sangat lengkap bukan?

2.Mudah
Dalam prakteknya, seorang ROM HACKER harus bisa dan menguasai bahasa pemrograman. Tapi, dengan bermodal hex editor dari FCEUX bukan hal yang tidak mungkin untuk menjadi seorang Rom hacker.


Kelemahan:

1. Final Fantasy 1 problem

Masalah dari metode ini adalah, kita tidak bisa mengganti Palette Final Fantasy 1. Kenapa? Karena Final fantasy 1 menggunakan metode yang berbeda dalam menyimpan palette pada gamenya. Mungkin kalian bisa menggunakan metode lain.

2. Hex editor Can't Found value

Terkadang jija kita terlalu banyak mengotak-atik hex editor, akan ada error seperti diatas. Solusinya adalah dengan menutup Fceux dan membukanya lagi.



Oke sekian Postingan saya kali ini, jika bermanfaat silahkan di share atau di praktekan. Untuk posting selanjutnya saya akan membuat tutorial mengganti Sprites pada game NES dll. Stay Tuned in my blog!!..

See You
Mata Nee
Sampai Jumpa.


-Yuu





Disclaimer © 2018 Azureblog.

Artikel ini murni dibuat dengan pengetahuan Admin, boleh mengkopi isi dari artikel ini. Tetapi TIDAK DIPERKENANKAN UNTUK MENGUBAH DAN MENGKLAIM ISI DARI ARTIKEL INI. Jika ingin Copas, biasakan cantumkan sumber. Salam Blogger indonesia!!!!.